Langsung ke konten utama

DAILY REPORT

ON THE JOB TRAINING

Bandung, 16 Agustus 2017

Pada postingan ini saya akan membagikan tentang keseharian saya selama training di restaurant TheWindChime. kebanyakan untuk sementara hanya prepare seperti memotong vegetable, melengkapi mise en place, serta membuat condiment untuk menu main courses dan lainnya.

  • PUMPKIN PUREE
Yang pertama membuat puree dari labu (pumpkin), sangat simple labu di potong hingga beberapa bagian lau diletakkan ke sebuah tray karena nantinya akan di roasting, jangan lupa di berikan olive oil dan salt untuk seasoningnya. masukkan ke dalam oven hingga teksturnya lembek, lama roastingnya kurang lebih 20 menit. setelah selesai pisahkan daging buah dari kulitnya, campurkan fresh milk secukupnya lalu blender hingga teksturnya soft. jika ingin digunakan, pumpkin puree di panaskan kembali terlebih dahulu dan dicampurkan butter secukupnya.



  • MUSHROOM TART
Selanjutnya saya membuat salah satu menu Starter yaitu mushroom tart, restaurant ini menggunakan puff pastry, pertama puff pastry di pipihkan menggunakan rolling pin, jika sudah bentuk adonan sedemikian menyerupai lingkaran, oh iya jangan lupa untuk dusting tepung terigu ke table working maupun adonan agar tidak melekat. lanjut masukkan puff pastry ke dalam cetakan namun cetakan terlebih dahulu di olesi butter, setelah itu masukkan adonan sauteed mashroom yang di mix dengan butter dan chop cheese. jika sudah roasting hingga adonan matang. sebelum di hidangkan, mushroom tart di panaskan kembali, adapun condiment nya berupa salad dan tarragon sauce.




  • EDIBLE FLOWER AND MICRO GREENS
For this morning, saya packing ulang edible flower dan micro greens untuk reservasi dinner malam nanti, edible flower dan micro greens ini sendiri didatangkan dari petani lokal yang ada di daerah bandung, dengan tujuan untuk membantu perekonomian petani setempat, perlu kalian ketahui edible flower dan micro greens ini aman untuk dikonsumsi dengan kata lain bisa "dimakan". 1 set nya terdiri dari 9-10 jenis edible flower dan micro greens seharga kurang lebih Rp.300.000,-




Bandung, 30 Agustus 2017
  • STRAWBERRY PUREE
Hari ini saya membuat strawberry pure, strawberry pure ini digunakan untuk bahan tambahan dalam pembuatan ice cream, namun bisa juga digunakan sebagai gel untuk garnish hidangan dessert. sangat simple, strawberry di potong-potong kecil, terus di blender hingga halus. simpan di frezeer, bisa diambil jika sudah ingin digunakan. namun jika ingin dijadikan gel, strwaberry pure dicampurkan xhantam gum, di blender hingga strwaberry pure dan xhantam gum menyatu dengan sempurna. xhantam gum sendiri berfungsi sebagai pengikat bahan atau pengental saus. 


  • PACKING SEA BASS
Lanjut.. yaitu packing sea bass. pertama-tama sea bass di fillet terlebih dahulu dan jangan lupa hilangkan tulangnya juga, di potong lalu di kemas ke dalam plastik, 1 pack nya seberat 110 gram. masukkan ke dalam chiller agar tetap fresh. sea bass merupakan salah satu hidangan main courses yang ada di restaurant ini.




Bandung, 25 September 2017
  • PACKING DUCK BREAST
Duck Breast merupakan Salah satu menu Main courses. Duck di masukkan ke dalam plastic roll, sertakan butter & rosemary. Sous Vide Duck Breast selama 3 jam. 



  • MASAK MAKAN SIANG UNTUK KARYAWAN RESTAURANT
Kali ini saya membuat makan siang untuk karyawan, adapun menunya yaitu nasi kuning,ikan bakar,capcay,dan sambal terasi. 


Bandung, 27 September 2017
  • PREPARE AND SUPERVISOR STATION ON BUFFET
Beberapa minggu yang lalu restaurant wind chime mendapat sebuah reservation untuk acara keluarga untuk 30 pax. saya di percayakan untuk membuat satu menu buffet yaitu coto. Coto Makassar atau Coto Mangkasara, adalah sup tradisional yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan utama sup ini adalah daging sapi dan bisa dicampur dengan jeroan seperti usus, hati, paru-paru, jantung, babat, atau otak sapi. Lalu disajikan dengan dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah.


  • BELANJA KE PASAR TRADISIONAL SETEMPAT
Malam Harinya saya lanjut mengunjungi sebuah pasar tradisional yaitu pasar ciroyom. Jarak dari restaurant sangatlah dekat. saya membeli beberapa keperluan untuk hidangan restaurant dan makanan untuk karyawan. seperti sayuran,ayam potong,ikan,buah-buahan,rempah-rempah dll.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

EQUIPMENT AND UTENSILS ( The WindChimes )

Kali ini saya akan posting Equipment dan Utensil yang ada di restaurant The Wind Chime, perlu teman-teman ketahui bahwa beberapa Equipment yang ada di restaurant ini merupakan barang impor dari beberapa negara di Eropa, tentunya masalah kualitas,kelebihan atau keunggulan,dan keamanan dijamin terbaik, ok langsung saja.. EQUIPMENT Bandung, 15 Agustus 2017 CHARCOAL GRIL AND OVEN PIRA Equipment ini merupakan senjata utama dari restaurant The Wind Chime. restaurant ini mengusung menu-menu Classic, seperti steaknya yg juici merupakan hidangan andalan yang diolah menggunakan alat ini. Di datangkan dari jerman dan merupakan perpaduan antara grill dan oven tanpa menggunakan listrik ataupun gas, Charcoal (arang) merupakan amunisi yang digunakan untuk memanaskan peralatan ini, suhunya bisa mencapai hingga 700º C, disaat mencapai suhu maksimum, suhu bagian luar alat ini rendah, sangat aman karena alat ini bisa mengatur atau menjaga temperaturnya hingga 70ºC di bagian l

Daily Activity (Indonesian Version) 17

Makassar, 17 October 2018 Halo, kembali lagi.. saya ingin mengucapkan terima kasih jika anda suka membaca blog saya hampir setiap hari. oke hari ini saya mencoba belajar cara mengukir buah atau sayuran. Ukiran sayur adalah seni mengukir sayuran untuk membentuk benda-benda indah, seperti bunga atau burung. Asal-usul mengukir sayuran diperdebatkan: beberapa percaya itu telah dimulai di Jepang pada zaman kuno, yang lain percaya itu telah dimulai di Sukothai, Thailand 700 tahun yang lalu, sementara yang lain percaya bahwa ukiran sayur berasal dari masa dinasti Tang ( AD 618-906) dan dinasti Song (960-1279 M) di Tiongkok. Terlepas dari asal-usulnya, ukiran sayuran dipamerkan di banyak restoran Asia, kapal pesiar, hotel, dan berbagai tempat lainnya. Pada pertengahan abad ke-20, seni mengukir sayuran mulai tumbuh di luar Asia. Sejak itu budaya lain perlahan-lahan datang untuk menghargai keindahan dan budaya yang terkait dengan praktik tersebut. Hari ini, semua dapat mengagumi ukira

Sedikit Tentang The Wind Chime By Chef Felix

                                    Sejak tahun 2005, Bandung punya satu restaurant fine dining yang menyajikan berbagai sajian Western food berkelas, namanya The Wind Chime by  Chef Felix . Pernah dinobatkan sebagai salah satu restaurant terbaik di Asia versi The Miele Guide tahun 2009. Selain itu Chef Felix pun sudah dikenal sebagai salah satu chef terbaik di Bandung.  Di tahun 2017, The Wind Chime akhirnya buka kembali di daerah Pajajaran, tepatnya di  Jl. Arjuna No.63a, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172 - Indonesia. The Wind Chime Menyediakan Menu  A`la carte, adapun menunya sebagai berikut : THE INTERPLAY OF FLAVOURS Cold and hot starters Mixed Baby Greens (tender baby greens / balsamic dressings) Mushroom Cream Soup (butter roll) Roasted Pumpkin Soup (Croutons) Escargot (with fine herbs cream/pernod/croutons) Mushroom Tart (tarragon sauce/petit salad) Seared Foie Gras (portobelo/apple/crouton) Shrimp Bisque (bab