Langsung ke konten utama

EQUIPMENT AND UTENSILS ( The WindChimes )

Kali ini saya akan posting Equipment dan Utensil yang ada di restaurant The Wind Chime, perlu teman-teman ketahui bahwa beberapa Equipment yang ada di restaurant ini merupakan barang impor dari beberapa negara di Eropa, tentunya masalah kualitas,kelebihan atau keunggulan,dan keamanan dijamin terbaik, ok langsung saja..

EQUIPMENT



Bandung, 15 Agustus 2017
  • CHARCOAL GRIL AND OVEN PIRA



Equipment ini merupakan senjata utama dari restaurant The Wind Chime. restaurant ini mengusung menu-menu Classic, seperti steaknya yg juici merupakan hidangan andalan yang diolah menggunakan alat ini.

Di datangkan dari jerman dan merupakan perpaduan antara grill dan oven tanpa menggunakan listrik ataupun gas, Charcoal (arang) merupakan amunisi yang digunakan untuk memanaskan peralatan ini, suhunya bisa mencapai hingga 700º C, disaat mencapai suhu maksimum, suhu bagian luar alat ini rendah, sangat aman karena alat ini bisa mengatur atau menjaga temperaturnya hingga 70ºC di bagian luar. alat yang sempurna untuk menawarkan rasa panggangan, aroma, juiciness dan tekstur sempurna yang paling otentik atau khas di hidangan. 



  • SELF COOKING CENTER RATIONAL

Merupakan Equipment yang bisa menggabungkan antara steam dan konveksi. terlepas dari apakah teman-teman menggunakan konveksi, uap atau kombinasi, dalam mode manual teman-teman dapat menyesuaikan setiap parameter anda sendiri, secara langsung dan tepat, hingga tingkat yang tepat. teman-teman bisa roast, bake, steam, stew, blanch or poach. Meat, fish, poultry, vegetables, egg dishes, baked goods, desserts, Teman-teman bisa melakukan semuanya, tetapi restaurant TheWindChime sering menggunakan alat ini untuk bake dan yang paling mengesankan Equipment ini bisa dioperasikan untuk membersihkan sendiri, Membersihkan dan menghilangkan kerak, walaupun di dalam jam kerja. oh iya, Equipment ini di datangkan dari Jerman.


Bandung, 30 Agustus 2017

  • FUSIONCHEF BY JULABO
Alat yang digunakan untuk memasak menggunakan teknik Sous vide, adalah teknik memasak menggunakan kantung kedap udara berisi bahan makanan yang dimasukkan ke dalam wadah dengan air bersuhu tertentu. Pork knuckle, duck breast termasuk hidangan yang dimasak menggunakan metode sous vide di restaurant ini, lama memasaknya berbeda-beda tergantung dari bahan, seperti pork knuckle memakan waktu selama 36 jam, duck breast selama 2 jam. alat ini didatangkan khusus dari Jerman.



Bandung, 24 September 2017


  • WOOD-BURNING PIZZA OVEN
Wood-burning pizza oven tidak harus dibatasi hanya dengan memanggang pizza lezat buatan sendiri. Sebenarnya ada ratusan kegunaan termasuk memanggang roti, memanggang daging, serta memasak kue. Wood-burning pizza oven akan menyajikan makanan dengan rasa pizza yang luar biasa yang tidak bisa diraih dengan jenis masakan lainnya. Wood-burning pizza oven membutuhkan waktu lama untuk mencapai suhu yang tepat (485º C atau 905º F). Permukaan oven umumnya merupakan satu bagian keramik yang bisa menahan suhu tinggi. tapi sampai saat ini, oven ini tidak digunakan, karena ada alasan tertentu.





Bandung, 7 November 2017


  • IMPERIAL STOVE
Equipment yang setiap hari digunakan untuk keperluan memasak di restaurant, Beberapa menu main courses di proses di equipment ini, seperti duck confit, duck breast, pasta,dll. dan  merupakan stove yang di impor langsung dari USA.











Bandung, 13 Desember 2017


  • BESSER VACUUM PACKAGING
Merupakan salah satu mesin yang berguna dalam menunjang proses pengemasan suatu produk menjadi lebih mudah dan lebih praktis. Dimana mesin Vacuum ini berguna Untuk memastikan suatu produk khususnya produk makanan menjadi tahan lama. Equipment ini di impor langsung dari Italy.






  • RHENINGHAUS ARGENTA MEAT SLICER
Equipment ini sangat ideal dalam proses slice Meat atau roti. Kecepatan Slice nya bisa sampai 60 slices/menit.mudah digunakan dan mudah dibersihkan. Didatangkan dari Italy juga.


















  • ROBOT COUPE CMP 350 VV
Equipment ini merupakan Cutters and vegetable slicers. Di restaurant ini, ROBOT COUPE CMP 350 VV digunakan dalam pembuatan soup, dll. seperti mushroom soup , pumpkin soup. Sangat mudah digunakan dan hygiene nya terjamin. Di impor dari France.















  • LIEBHERR FREEZER
Freezer ini digunakan untuk menyimpan semua keperluan Restaurant. Seperti  all Meat,Soup,condiment,dll. Terdapat 3 Freezer yang sama di restaurant ini. Freezer ini merupakan buatan Inggris.















  • LP1011 MIXING DOUGH
Mixing Dough ini digunakan dalam proses pembuatan roti,cake,pizza dough,dll. Namun skala dalam pembuatan adonan yang bisa dibuat hanya Sedikit. karena Mixing Dough ini memiliki diameter yang kecil.
















  • ROBOT COUPE R 201 ULTRA E
Equpment ini digunakan dalam proses slicing vegetable and fruits. Memberikan hasil potongan yang baik untuk ukuran yang berbeda. baik ukuran yang kecil maupun ukuran yang besar.
















Bandung, 15 Desember 2017



  • RINNAI RI-4RSP STOVE
Stove Rinnai hanya dipergunakan untuk keperluan pastry and beverage. Seperti buat Teh,Kopi,dll.











  • SHARP R298H MICROWAVE OVEN 220V
Microwave ini difungsikan untuk reheat,defrost,slow cook,dll. Sangat praktis digunakan bila dalam keadaan mendesak. 

















  • MUSSO ICE CREAM MAKER
Musso ice cream maker selain digunakan dalam pembuatan ice cream, juga bisa digunakan dalam pembuatan gelato dan sorbet. Kualitas dan rasa ice cream sangat terjamin. Dalam hal membersihkan sangatlah mudah dan hygiene sangat teruji. Musso ice cream maker ini didatangkan dari Italy.












  • STARCOOL REFRIGERATORS
Chiller Starcool digunakan untuk Menyimpan berbagai macam raw material maupun makanan yang sudah jadi. Dapat mempertahankan kualitas raw material maupun makanan sampai dengan beberapa waktu lamanya, tergantung dari terbuat dari apa makanan itu sendiri.

















  • NAYATI SALAMANDER
Difungsikan untuk memberikan warna pada bagian atas sebuah makanan. Sumber panas nya berasal dari bagian atas equpment ini. Cocok buat makanan seperti pizza,pie,dll.














  • KITCHEN WORKING TABLE
Working Table seperti kita ketahui mempunyai fungsi yaitu tempat meracik atau sebagai tempat finishing sebuah makanan sebelum dihidangkan kepada tamu. Working Table di The Wind Chime masing-masing Ada 2.
















  • UNDERCOUNTER CHILLER
Undercounter Chiller ini difungsikan untuk menyimpan condiment-condiment yang penting untuk setiap menu yang ada di restaurant ini. Bagian atasnya bisa dijadikan sebagai table working juga.

















  • BOSCH MIXER UM4
Mixer Bosch hanya dikhususkan untuk keperluan Pastry saja. Seperti membuat adonan cake, namun equipment ini jarang digunakan.



















  • BLACK & DECKER M220 HAND MIXER
Hand mixer ini sangat membantu dalam membuat adonan. Sangat praktis digunakan tidak menggunakan tenaga yang lebih, hanya dikendalikan dengan tangan saja.
















  • YONG MA MC-2860 RICE COOKER 
Hanya dipergunakan untuk keperluan lunch dan dinner bagi semua Staff restaurant.

















  • NAGAMARO DEEP FRYER GAS E-RQZ-71

Deep Fryer berfungsi untuk mematangkan makanan secara meluru, Karena dalam proses penggorengannya makanan akan direndam dengan minyak bersuhu panas an disaring oleh basket. selain praktis, deep fryer ini membuat menggoreng lebih cepat dan lebih aman. 
















  • TEFAL ZE585G66 FRUIT JUICER
Tefal fruit juicer ini digunakan dalam mengambil sari buah atau bulir-bulir buah dan sayuran. namun jarang digunakan, hanya dipakai jika diperlukan.  



















  • PHILIP CUCINA HR 1538/6 MIXER 
Mixer ini lebih memudahkan dalam pengerjaannya. tidak perlu lagi untuk memegang hanya dibiarkan terpasang di penopangnya. Cocok untuk disaat yang sibuk dalam membuat adonan kue.


















  • PRE-RINSE UNIT B-0113
Merupakan alat penyemprot Dish plate dll, tekanan airnya yang pas dapat mempermudah steward dalam mengerjakan pekerjaannya.
























  • NAGAMARO SINGLE SINK
Sink ini berada pada main kitchen di restaurant ini. Tempat untuk mencuci segala utensil yang habis digunakan ataupun yang kotor.


















  • NAGAMARO SINGLE AND DOUBLE SINK 










Sink ini berada pada steward area, tempat muncuci segala utensils,cutterelis,plate yang kotor setelah digunakan di restaurant ini.















UTENSILS


  • COOKING UTENSILS
  1. Sauce pan
  2. Stock pot
  3. Frying pan
  4. Bain marie Basin
  5. Bain marie pot
  6. Perforated fish lifter
  7. Baking Tray
  8. Gastronom pan
  9. Norm tray and container
  10. Tray
  11. Roasting pan
  12. Grill pan
  13. Food tong
  14. Saute pan
  15. Lighter
  16. Pepper mill

  • MEASURING UTENSILS
  1. Scale
  2. Measuring Cup and spoon
  3. Measuring Jug
  • CUTTING UTENSILS
  1. Palette knife
  2. Scraper
  3. Chef Knife
  4. Sharpening Steel, Stone
  5. Big and Small vegetable knife
  6. Cutting board
  7. Bread Knife
  8. Filleting knife
  9. Scissor
  10. Ring cutter
  11. Can and wine Opener
  12. Peeler
  13. Curving fork
  14. Zester
  15. Grater
  16. Mandolin
  • SUPPORTING UTENSILS
  1. Wisk
  2. Bowl
  3. Spatula
  4. Strainer 
  5. Spider
  6. Conical strainer
  7. Skimmer
  8. Funnel
  9. Ladle
  10. Wooden & rubber spatula
  11. Rolling pin
  12. Silpat
  13. Meat termometer
  14. Dradger pastry
  15. Mini and big offset Spatula
  16. Tweezer (Straight,Round tip)
  17. Brush
  18. Rolling pin
  19. Ice cream scoop
  20. Squeezer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daily Activity (Indonesian Version) 17

Makassar, 17 October 2018 Halo, kembali lagi.. saya ingin mengucapkan terima kasih jika anda suka membaca blog saya hampir setiap hari. oke hari ini saya mencoba belajar cara mengukir buah atau sayuran. Ukiran sayur adalah seni mengukir sayuran untuk membentuk benda-benda indah, seperti bunga atau burung. Asal-usul mengukir sayuran diperdebatkan: beberapa percaya itu telah dimulai di Jepang pada zaman kuno, yang lain percaya itu telah dimulai di Sukothai, Thailand 700 tahun yang lalu, sementara yang lain percaya bahwa ukiran sayur berasal dari masa dinasti Tang ( AD 618-906) dan dinasti Song (960-1279 M) di Tiongkok. Terlepas dari asal-usulnya, ukiran sayuran dipamerkan di banyak restoran Asia, kapal pesiar, hotel, dan berbagai tempat lainnya. Pada pertengahan abad ke-20, seni mengukir sayuran mulai tumbuh di luar Asia. Sejak itu budaya lain perlahan-lahan datang untuk menghargai keindahan dan budaya yang terkait dengan praktik tersebut. Hari ini, semua dapat mengagumi ukira

Sedikit Tentang The Wind Chime By Chef Felix

                                    Sejak tahun 2005, Bandung punya satu restaurant fine dining yang menyajikan berbagai sajian Western food berkelas, namanya The Wind Chime by  Chef Felix . Pernah dinobatkan sebagai salah satu restaurant terbaik di Asia versi The Miele Guide tahun 2009. Selain itu Chef Felix pun sudah dikenal sebagai salah satu chef terbaik di Bandung.  Di tahun 2017, The Wind Chime akhirnya buka kembali di daerah Pajajaran, tepatnya di  Jl. Arjuna No.63a, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172 - Indonesia. The Wind Chime Menyediakan Menu  A`la carte, adapun menunya sebagai berikut : THE INTERPLAY OF FLAVOURS Cold and hot starters Mixed Baby Greens (tender baby greens / balsamic dressings) Mushroom Cream Soup (butter roll) Roasted Pumpkin Soup (Croutons) Escargot (with fine herbs cream/pernod/croutons) Mushroom Tart (tarragon sauce/petit salad) Seared Foie Gras (portobelo/apple/crouton) Shrimp Bisque (bab